Penggalan Jurnal Kehidupan, Kisah, Inspirasi, Informasi, Tips, Opini

Kamis, 30 April 2009

Serasikah Anda Dengan Pasangan Anda? (2)


Berdasarkan studi genetika dan Neuroscience, Helen Fisher, PhD. menyimpulkan, semua orang termasuk dalam empat tipe kepribadian. Masing-masing dipengaruhi zat kimia otak yang berbeda. Keempat tipe kepribadian itu adalah: Explorer, Builder, Director,dan Negotiator.

Tipe kepribadian Builder, sangat dipengaruhi oleh zat kimia otak Serotonin (yang mengubah perasaan-perasaan seperti agresi, marah, dan tenang). Tipe ini termasuk konvensional, setia, hati-hati tanpa menjadi takut, tenang, ramah, populer, dan pandai dalam mengelola orang, networking, membangun keluarga, komunitas. Menyukai jadwal dan aturan-aturan, berorientasi pada detail, cermat, akurat, mengikuti suara hati tentang yang benar dan yang salah, dapat dipercaya.




Tipe ini selalu mendambakan pasangan yang membantu dan ideal dengan sesama tipe builder.


Jika tipe kepribadian Anda builder maka jangan membiarkan selera Anda untuk rencana-rencana dan jadwal menghambat Anda mencoba hal-hal baru dalam hal kencan kecuali jika Anda kencan dangan sesama builder. Boleh sesumbar sedikit (Builder dapat menjadi sangat rendah hati) dan kendatipun Anda senang bergaul dengan geng anda, cari waktu untuk berduaan dengan pasangan asmara Anda. Kecenderungan Anda untuk melindungi akan dihargai, tapi pastikan Anda tidak tampak terlalu menguasai.

Jika Anda kencan dengan tipe Builder maka selalu ingat, tipe ini menyukai hal-hal konkret dan detail. Mereka tertarik pada orang yang tertib, teratur, tenang. Jadi, jika Anda bikin rencana, usahakan untuk mematuhinya. Tipe builder berkemungkinan paling besar mencari pasangan seumur hidup. (Sumber: Why Him? Why Her? ; Helen Fisher, PhD.)

Bersambung...



Share:

4 komentar:

Seno mengatakan...

Jia..ha..ha. masih bersambung lagi. Berarti lebih bagus tipe builder ya sob.

Ditunggu yang Director dan Negotiator

Unknown mengatakan...

kan diri ini hanya menjalani sebuah kehidupan kecil bos, melangkahnya juga dengan langkah yang tidak terlalu tergesa-gesa, ...hehehe

tikno mengatakan...

Sampai saat ini saya masih serasi dengan pasangan saya.

deena mengatakan...

konkret and detail... ribet deh, ran...

Posting Komentar