Penggalan Jurnal Kehidupan, Kisah, Inspirasi, Informasi, Tips, Opini

Jumat, 15 Mei 2009

Dari Sisi Mana Diri Ini Belajar Melihat


Suatu hari di penghujung malam, kunang-kunang terkesima oleh sebuah bintang yang pendaran cahayanya melebihi terangnya cahaya bintang-bintang yang lain. Kunang-kunang lalu menghampiri bintang itu dan terbang mengitarinya. Hingga tanpa disadari ia telah jatuh cinta pada bintang itu dan berusaha memilikinya.

Namun saat kunang-kunang berhasil memeluk bintang itu, ia tersadarkan oleh sebuah kenyataan bahwa semua itu tak lebih hanyalah sebuah ilusi.

Kebahagiaan dan penderitaan memang adalah hal yang biasa dalam kehidupan. Dari sebuah peristiwa tak pelak kita selalu dihadapkan pada dua buah pilihan. Pilihan untuk melihatnya dari sisi kebahagiaan dan pilihan untuk melihatnya dari sisi penderitaan.

Seperti halnya kunang-kunang itu, ia bisa saja melihatnya dari sisi penderitaan bila ia merasa kehilangan dan tidak dapat memiliki bintang itu selamanya. Hidup menderita dengan penuh penyesalan tiada akhir, karena telah mendapati kenyataan bahwa memiliki bintang itu tak lebih hanyalah ilusi semata.

Namun ia pun bisa pula melihatnya dari sisi kebahagiaan bila ia merasa cukup bahagia walau bintang itu hanyalah ilusi. Karena bagaimanapun, semakin ia mengingat bintang itu semakin ia terpacu untuk dapat memendarkan cahayanya sendiri seterang cahaya bintang itu.

Maka tersadarlah diri ini bahwa dalam setiap peristiwa yang menimpa, apapun itu selalu diri ini belajar untuk melihatnya dari sisi kebahagiaan dari pada melihatnya dari sisi penderitaan. Bukankah dalam setiap baris doa kita selalu memohon diberi kebahagiaan dan dijauhkan dari penderitaan?

Ah, bintang itu...
Diri ini hanya mengetahui bahwa kunang-kunang itu menyebutnya The Morning Star.

Image Hosted by ImageShack.us


Share:

9 komentar:

Seno mengatakan...

Intinya bersyukur terhadap apa yang kita raih ya Sob. Dengan bersyukur kita akan bisa semakin meningkatkan kreatifitas kita dan menggunakan semua kemampuan yang kita miliki, seperti bintang yang bersinar. :)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Siapa sih kunang-kunang itu bro???

SeNjA mengatakan...

Yup rana....
bukankah kita harus slalu bersyukur dan berbahagia meski dgn kebahagian yg sedikit.

Kunang-kunang....pendarkan kerlipmu meski tak seindah bintang disana.

Yolizz mengatakan...

selalu mensyukuri apa yang kita miliki,, lihatlah apa yang sudah kita punya,, bukannya selalu mencari-cari apa yang ga kita miliki,, gitu yah mas?!

kunang-kunang?! aku suka tuh :)

Fanda mengatakan...

It's a nice posting! Hidup ini adalah pilihan. Dan pilihan2 itulah yg akn membentuk diri kita. Jadi, ayo kita selalu memilih tuk bahagia dan melihat keindahan dari segala yg terjadi!

Ahmad flamboyant mengatakan...

ya...ya..
the morning star
nice

Unknown mengatakan...

ya setiap hal bisa dilihat dari 2 sisi. positif dan negatif. kebahagiaan or penderitaan.

Easy Mafia mengatakan...

Lagi sibuk ya kawan, blum posting baru lagi :)

Ratusya mengatakan...

jangan lupa bersyukur biar hidup jadi lebih nikmat :)

Posting Komentar