Penggalan Jurnal Kehidupan, Kisah, Inspirasi, Informasi, Tips, Opini

Jumat, 08 Oktober 2010

Menjadi Pemenang Di Tempat Dan Waktu Yang Tepat

Jika Anda disodori sebuah pertanyaan tentang ilmu apa yang paling dibutuhkan saat ini, kira-kira apa pendapat Anda? Tentulah setiap orang memiliki pendapatnya sendiri-sendiri yang bisa jadi berbeda satu sama lain, karena istilah “ilmu yang paling dibutuhkan” ini juga bisa dilihat dari banyak sisi. Namun di sini marilah kita melihatnya dari sisi gaya hidup saat ini, di era digital (dalam gaya hidup digital).

Salah satu ciri yang begitu kental dalam gaya hidup digital adalah perubahan yang begitu cepat. Rasanya hal-hal baru selalu datang silih berganti. Belum selesai belajar satu hal, hal yang baru sudah muncul. Baru saja mempelajari teknologi A, teknologi B sudah muncul. Dalam keadaan yang seperti ini, ilmu apakah yang paling kita butuhkan?

Bila Anda berpendapat bahwa ilmu yang dibutuhkan adalah ilmu untuk belajar ilmu baru dengan cepat, itu artinya karena perubahan sekarang yang begitu cepatnya. Maka ilmu yang terpenting adalah "ilmu tentang cara belajar", ilmu tentang bagaimana mempelajari sesuatu yang baru dengan efektif. Dengan demikian saat ada ilmu baru muncul, kita bisa mempelajari dan menyerapnya dengan cepat pula.

Namun demikian, marilah kita coba memikirkannya kembali, apakah benar bahwa ilmu yang paling dibutuhkan adalah ilmu untuk belajar ilmu baru dengan cepat? Apakah kemampuan untuk belajar dengan cepat saja cukup? Hm... mungkin Anda mulai berpendapat lain bukan?

Yup, sekarang ini perkembangan begitu pesatnya, sehingga orang yang mampu belajar cepat pun tidak akan mampu mengikuti semuanya. Kalau ia berusaha mengikuti semuanya, maka ia hanya akan menjadi orang yang rata-rata saja. Dan orang yang rata-rata di jaman sekarang ini gawat, benar-benar gawat! Mungkin ia bisa saja melamar ke banyak macam pekerjaan, tapi di semua pekerjaan itu kemungkinan besar ia akan ditolak, mengapa? Karena selalu ada orang-orang yang lebih baik daripada dirinya. Di jaman sekarang ini, orang yang hanya rata-rata memang akan selalu kesulitan mendapat tempat.

Lalu apa lagi yang kita butuhkan? Dalam hal ini, bila kita hanya memiliki kemampuan belajar cepat saja tentulah tidak cukup. And then what else is still lacking?
Kita percaya bahwa jawabannya adalah "kemampuan untuk memilih ilmu yang tepat". Kita harus mampu memilih ilmu yang tepat dulu, dan baru kemudian mempelajarinya dengan cepat. Dengan cara ini kita akan menjadi orang yang unggul di bidangnya.

Maka ilmu yang paling dibutuhkan adalah "ilmu untuk memilih ilmu yang tepat dan mempelajarinya dengan cepat". This is the key!

Dengan memilih ilmu yang tepat maka kita akan bisa memaksimalkan potensi dan waktu kita hingga menjadi lebih efektif dan efisien. Tidak ada energi yang terbuang percuma. Semua energi kita difokuskan ke satu arah yang akan memberikan dampak terbesar. Dan ditambah lagi dengan kemampuan belajar cepat, maka kita akan menjadi orang yang unggul di bidang itu. Kita bisa menjadi pemenang di tempat dan waktu yang tepat. Sekarang pertanyaannya adalah, sudahkah kita menguasai ilmu yang paling dibutuhkan ini?



Share:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ilmu utk memilih ilmu yg tepat? wah, gak mudah itu.

Gaphe mengatakan...

yak betul.. sekarang jadi lebih penting memperoleh jawaban "how to learn" dibandingkan dengan "what to learn" deh

salam kenal!

Posting Komentar