Penggalan Jurnal Kehidupan, Kisah, Inspirasi, Informasi, Tips, Opini

Jumat, 23 Oktober 2009

Saat Tak Ada Teman Untuk Berbagi

Sebagai manusia kita tentu tak pernah luput dari perasaan kesal, benci, bosan, galau dan frutasi. Hal itu wajar, apalagi bila pekerjaan menuntut banyak hal pada kita. Tentulah timbul perasaan depresi pada pekerajaan, dan menjadi lebih buruk lagi bila ruang lingkup sosial membuat kita semakin terpojok dan tertekan.

Sesuatu yang kecil yang nampak tak ada apa-apanya bisa berakibat besar bahkan sangat besar. Api yang semula sekedar bara saja mana kala bertemu dengan media yang mudah terbakar ditambah sedikit bantuan angin bisa menjadi api yang membakar. Demikian pula dengan kebencian yang semula hanya sebuah kekesalan. Manakala bertemu dengan emosi ditambah sedikit faktor negatif bisa-bisa mendatangkan ketidaknyamanan yang merusak.

Ada baiknya memang bila kita berbagi dengan teman kita. Hanya sayang, belum tentu mereka peduli dan menyediakan waktu untuk kita. Terlebih bila kita tinggal di lingkungan metropolitan, susah mencari sahabat yang benar-benar mengerti tentang diri kita sepenuhnya.

Dalam keadaan demikian, apa yang bisa kita lakukan pada saat-saat perasaan gundah dan tak ada teman untuk berbagi?

Bila perasaan kesal itu diakibatkan oleh pekerjaan, maka tanyakan kepada diri kita; apakah pekerjaan itu yang benar-benar kita inginkan dalam hidup kita atau hanya sekedar mencari keuntungan saja? Bila memang pekerjaan itu yang kita inginkan namun rasa jenuh sudah mulai kita rasakan ambilah cuti satu atau tiga hari. Sebagai refreshing untuk menghilang kejenuhan yang kita rasakan. Sehingga pada keesokan harinya saat kembali bekerja, kita merasa fresh dan siap untuk tantangan pekerjaan selanjutnya.

Bila rasa kesal itu diakibatkan oleh teman, maka lebih baik menghindari teman kita tersebut untuk beberapa hari agar suasana kesal di hati hilang. Sebab bila kita bertemu disaat sedang kesal dengannya bisa berabe dan alhasil malah tambah runyam. Jadi sebaiknya hindari ia sebisa mungkin sampai perasaan kesal di hati reda kembali, tenang dan menyenangkan.

Bila rasa kesal terhadap diri sendiri (bisa saja kita merasakan perasaan tersebut). Maka ada baiknya melakukan hal-hal di luar kebiasaan kita. Misalnya kita tidak suka memanjakan diri kita ke salon dan spa, kita lakukan itu. Dengan kata lain, lakukan hal yang berbeda. Melakukan penyegaran sekaligus merawat tubuh tidak ada salahnya tuh.

Agar hidup kita semakin indah dan menyenangkan carilah makanan yang bisa mencairkan suasana hati saat sedang kesal, bosan dan sejenisnya (bisa dengan memakan makanan yang cairannya manis serta dingin menyegarkan semisal; es cream, buah-buahan dingin, dll.)

Selain itu menuliskan secara jujur kegalauan di hati pada selembar kertas untuk kemudian di buang, bisa sangat membantu dan rahasia tetap terjaga (karena bila tulisan kita pada selembar kertas itu masih tersimpan dan secara tak sengaja kita temukan, bisa-bisa kegalauan hati yang telah hilang dapat kembali terasakan).

Semoga bermanfaat...



Share:

8 komentar:

Anonim mengatakan...

kunjungan perdana
wah bolehkan blue menajdi bagian dari persahabatanmu
salam hangat selalu

Yolizz mengatakan...

kalo aku sih,, saat ga ada tempat buat berbagi palingan blog pelampiasannya,, hehe... :D

Unknown mengatakan...

tapi jgn kebykan makan yg manis juga nanti diabet lho.

Unknown mengatakan...

mba' Fanny: ehm... makan strawbery boleh juga tuh... hahaha

elpa mengatakan...

ada kalanya kita perlukan tempat berbagi,hidup ga bs sendiri...dgn kita berbagi perasaan kita akan plong.

ducky mengatakan...

klo ga ada temen buat berbagi mah saya biasanya tidur aja hihi.. atau traveling >>> ini juga kalo ada uang lebih... :p

gud tips rana...

Pempek Kaizen mengatakan...

memang sechh,..paling gak enak sendiri,..

bayangkan,..ketika kamu bahagia dan kebahagian itu hanya kamu sendiri yang meraskannya!!

ranny mengatakan...

lagi betee and kesel???shopiiiiiiiinggggggggg hihhihih

kalo lagi bete juga kadang dialihkan dengan nonton or baca buku trus juga ngbrol ma tetangga

hmm sahabat??alhamdulilah punya sahabat yang setia ampe sekarang ^^

Posting Komentar