Penggalan Jurnal Kehidupan, Kisah, Inspirasi, Informasi, Tips, Opini

Senin, 26 Oktober 2009

Melihat Sisi Positif Dari Sebuah Kemajuan

Kita telah melihat di sejumlah kota-kota besar di dunia sedang mewabah teknologi berbasis Wireless Fidelity (Wi-Fi). Sebuah terobosan teknologi penyebab konvergensi kegiatan masyarakat menjadi semakin dekat dan merapat. Melalui teknologi ini seseorang dapat terkoneksi dengan pihak lain memanfaatkan koneksi internet dan gelombang radio tanpa harus mencari tempat khusus yang ada colokan telepon dan listriknya.

Sementara bagi yang belum memiliki fasilitas Wi-Fi card dapat mencari dengan mudah colokan telepon untuk internet di titik telepon umum. Tambahan kartu inilah yang membuat banyak masyarakat dunia, khususnya di negara maju tinggal melakukan klik-klik-klik tarrraaa... maka tersambunglah ia dengan seluruh dunia.

Itulah ICT atau Information Communication Technology yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di kota-kota metropolis, yang menjadi kemudi bagi perubahan gaya hidup. Dan gejala khusus ini menunjukkan bahwa tatanan kehidupan mulai berubah kearah yang lain dari sebelumnya.

Kebiasaan-kebiasaan pagi dan siang hari telah berubah, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan tekhnologi Wi-Fi ini, semisal kegiatan sejumlah profesional di perkantoran. Waktu kerja yang semakin fleksibel, waktu luang untuk pribadi dan keluaraga yang semakin banyak, paperless, delivery time yang semakin mengukuhkan pada right time.

Adanya Nettop dan Desknote (PC desktop yang ringkas) serta Netbook (hardware komputer yang menggabungkan Laptop ke arah nano technology), dapat mengakomodir cepatnya perubahan teknologi komputer ini. Kira-kira intinya bahwa pasar dan komunitasnya akan semakin terkonvergensi.

Itulah dunia nyata di sekeliling kita yang kian menunjukkan bahwa sangat cepat sebuah produk berikut format sistemnya berubah dan menjadi kadaluarsa. Serasa baru kemarin belajar produk baru, eh...hari ini sudah ada lagi produk yang lebih baru muncul. Lantas kita berpikir, kapan kita bisa menikmatinya dengan tenang? Kapan kita bisa merasakan manfaat dari investasi kita? Hahaha...

Mungkin yang penting bagi kita sekarang dan kedepan adalah bagaimana cara kita agar dapat terkoneksi dengan baik dan murah serta berkualitas, sehingga turut pula membuat kualitas hidup kita lebih baik lagi, karena itulah fungsi dari sebuah kemajuan dan menjadi satu bukti untuk melihat dari sisi yang lain yang lebih positif.


Share:

7 komentar:

FATAMORGANA mengatakan...

Memandang positif dan negatif kemajuan teknologi, bagi kemaslahatan manusia. Sangat dibutuhkan adanya kontrol secara internal mulai dari lingkungan keluarga untuk senantiasa memperketat pengawasan agar sisi negatifnya dapat diminimalisasi.
Pesatnya kemajuan teknologi jangan kita jadikan sebagai boomerang untuk kita tidak berani terbuka dan maju.peran penting bangsa elemen-elemen pemerintah, masyarakat dan keluarga adalah payung untuk menghindari dan mengurangi dampak negatif media itu sendiri.

elpa mengatakan...

kemajuan seharus nya sudah dirasakan smua kalangan masyarakat,tapi smua itu perlukan modal
untuk mendapatkan kemudahan kita hrs bekerja keras

Unknown mengatakan...

ya, kalo diikutin gak ada abisnya. sama kyk hp aja. baru muncul model A, eh...muncul model B, C dan D. ampe bingung milihnya. hape saya aja dah ketinggalan jaman nih, padahal baru setahun lebih belinya.

Unknown mengatakan...

ada award untukmu ya cek di http://just-fatamorgana.blogspot.com/2009/10/inyong-sang-guru-kesenian.html

ducky mengatakan...

waktu itu aku ga ngerti wifi, tapi ternyata punya HP yang ada fasilitas wifinya.... sekarang kalo jalan2 udah bisa koneksi kemana-mana deh...

hebat emang kemajuan teknologi ini...

Yolizz mengatakan...

makin lama makin maju aja perkembangan teknologi,, sekarang sih tinggal kitanya yg bagaimana menyikapinya,, soalnya semuanya itukan pasti ada unsur positif dan negatifnya...

Sinta Nisfuanna mengatakan...

gar dapat terkoneksi dengan baik dan murah serta berkualitas, >>> ditunggu-tunggu neh :D

Posting Komentar