Penggalan Jurnal Kehidupan, Kisah, Inspirasi, Informasi, Tips, Opini

Minggu, 16 Oktober 2011

Enggan Menjadi Tua Bukan Berarti Melawan Gilasan Waktu

Ulang Tahun... Apa artinya bagi seseorang?
Tentunya adalah saat-saat membahagiakan tatkala kolega, teman, sahabat, kerabat, saudara, orang tercinta... mengucapkan "Selamat Ulang Tahun", maka berlonjaklah hati dalam kegembiraan. Berlanjut datangnya kiriman kado, ucapan, dan berjuta kebahagiaan dari berbagai penjuru. Dan lalu apa yang akan dilakukan? Membuka kado, membalas ucapan-ucapan, atau makan-makan sekadar berbagi kebahagiaan di usia yang baru?
Bila ditanya apakah gue bahagia dengan usia yang bertambah? Jujur, gue bilang "gak!". Gue ngerasa semakin tua dan menjadi renta. Sungguh ingin rasanya kembali seperti masa kanak-kanak, tapi pastinya gak akan mungkin. (nyadar diri..hehe)

Tentunya kita tau kan? Wahana yang paling nikmat untuk bermain dan menikmati hidup adalah ketika kita masih muda dan kanak-kanak. Maka berbahagialah mereka yang masih muda, nikmatilah masa kanak-kanak kalian sebelum tua.

Kenapa gue bilang sebelum tua dan bukannya sebelum dewasa? Karena gak sedikit orang yang sudah tua tapi berpikir gak dewasa (apalagi yang style-nya saingan sama anak belasan tahun, ya udah.. jadi kayak jaman Jurasic dah..hehe ).

Yup, "tua itu pasti, dewasa itu pilihan". Dan manakala seseorang telah memasuki babak pendewasaan, maka semakin lenyaplah masa-masa bermain. Mereka harus bisa mendewasakan dirinya bagaimanapun keadaannya.

Maka bila kita bertanya, patutkah berbahagia kala ulang tahun? Ketika usia bertambah dan menjadi tua, raut wajah menjadi keriput, rambut yang mulai beruban, dan kita kehilangan jiwa kemenangan yang dulu. Ketika pijakan usia di dunia tersisa semakin dangkal, menyusut oleh gilasan waktu secara perlahan namun pasti. Hingga pada akhirnya kita akan tertuju pada satu garis finish yang semua orang pasti sama-sama akan menjalaninya. Pembedanya hanyalah waktu, tempat, dan caranya saja.

Ahk, sahabatku, bila kau berulang tahun di hari ini dan membaca coretan gue ini, janganlah kau merasa hari ini kau tak patut bersuka cita karena umurmu bertambah atau terperangah di depan cermin sambil memandangi wajahmu sudah mulai keriput atau belum, berlama-lama menyisir rambutmu helai demi helai kalau-kalau uban telah tumbuh. Hahaha...
Lebih baik rekoleksi dan introspeksi diri, lalu persiapkan diri untuk tingkat kedewasaan yang lebih matang di umurmu yang sekarang dan selanjutnya.

Mungkin inilah ungkapan perasaan gue di hari ulang tahun, ketika umur gue di dunia berkurang lagi setahun. Dan gue selalu enggan menjadi tua, bukan berarti gue melawan gilasan waktu. Malah sebaliknya, buat rekoleksi dan lebih mematangkan jiwa dengan mengkaji pengalaman hidup yang terkumpul. Selalu dan selamanya...

Share:

10 komentar:

Unknown mengatakan...

ya ultah itu memang malah membuat kita makin dekat pada kematian ya. makanya harus lebih bijak dalam menghadapi hidup ini saat usia kita berkurang setahun. btw, selamat ultah ya...

Unknown mengatakan...

"Harus lebih bijak menghadapi hidup" ...makasih masukannya mbak :)

21inchs mengatakan...

membaca judulnya menolak tua, jadi ingat jargon dari band seringai.
suka seringai juga ya mbak?

Unknown mengatakan...

a generation against growing old...? haha.. just rock on forever brothers.. :D

NTRage03 mengatakan...

memank..
mau gmau ua itu akan datang pada kita..
jadi hanaya tinggal bagaimana kita menyambut hari tua tersebut..
baik dengan tingkah laku kita, perbuatan kita dan juga perlakuan kita :D

salam kenal :)

ijin follow,,
dtunggu follow balikna...

Obat Herbal Stroke mengatakan...

info yg menarik. memang jaman sekarang gk muda gk tua slalu merayakan ultah. kalo bisa syukuran dan doa orangtercinta saja sudah cukup.

Obat herbal jantung koroner mengatakan...

artikel yg bagus. masa tua memang masa koreksi diri sendiri apa saja yg telah kita lakuakan selama hidup didunia.

Obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

info yg menarik. tks. slm knl.

Obat Herbal TBC mengatakan...

keren artikelnya. sangat bermanfaat.

Trica Jus mengatakan...

berbagi kata kata motivasi sobat " Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita." semoga bermanfaat dan dapat di terima ya, :D

Posting Komentar