Penggalan Jurnal Kehidupan, Kisah, Inspirasi, Informasi, Tips, Opini

Minggu, 26 September 2010

Apa Imbalannya Kita Melakukan Kebaikan?

Pernahkah Anda mendengar teman sejawat Anda bertanya; "Jika saya memberi lebih kepada perusahaan, apa imbalannya untuk saya?" Terdengar familiar bukan? Sejauh yang kita sama tahu, lumrahnya orang yang berkontribusi lebih akan mendapatkan imbalan lebih. Hanya saja, kadang imbalan tidak selalu berupa uang. Sebab ketika seorang atasan menepuk bahu bawahannya karena hasil kerjanya lebih baik dari teman-temannya; itu adalah termasuk suatu imbalan. Ketika para pelanggan lebih puas dengan pelayanan kita dibandingkan yang dilakukan oleh teman-teman kita, maka itupun sebuah imbalan.

Dalam kehidupan duniawi, tidak semua perbuatan baik mendapatkan imbalan yang pantas. Perusahaan banyak yang pelit kepada karyawan, atasan banyak yang tidak adil dalam mengambil keputusan, teman banyak yang mengklaim pekerjaan orang lain sebagai miliknya sendiri. Sedangkan Tuhan, tidak pernah keliru dalam menilai dan memberi imbalan. Hitungannya sudah pasti dijamin akurat. Oleh karena itu hanya kepada Tuhanlah kita menggantungkan harapan. "Wa ilaa robbika farghob" yang berarti "Dan kepada Tuhanmulah hendaknya kamu menggantungkan harapan."

Maka marilah kita terus berkarya, hingga sebanyak mungkin potensi diri kita yang dapat didayagunakan. Agar banyak manfaat yang bisa kita tebarkan. Sedangkan imbalannya, mungkin kita dapatkan secara kontan di dunia. Atau mungkin langsung dimasukkan kedalam rekening tabungan kita untuk bekal diakhirat kelak.

Dan mari setelah kita menyelesaikan suatu kegiatan yang baik, kita lakukan lagi kegiatan baik lainnya. Menyelesaikannya, lalu mulai lagi dengan kegiatan baik lainnya lagi. Terus menerus begitu. Mumpung kita masih punya waktu sebelum Tuhan menyetop waktu kita di dunia.



Meski kebaikan yang kita lakukan itu kecil saja, imbalannya tetap ada
dan bermakna.


Share:

2 komentar:

Fanda mengatakan...

Setuju banget. Dunia sering tak bisa menghargai jerih payah & kebaikan kita. Makanya jangan menggantungkan semua yg di dunia. Bergantunglah pada Tuhan, karena Ia tak pernah mengecewakan kita.

Unknown mengatakan...

intinya kerja harus dg hati ya. meskipun bayarannya kadang kecil.

Posting Komentar